Ini Dia Sosok Kawasaki Ninja H2R, Kemampuannya Lebih Dahsyat Dari MotoGP

Diposting oleh Unknown on Jumat, 17 April 2015


Setelah membuat banyak orang penasaran sejak tahun lalu, Kawasaki akhirnya merilis produk motor terbarunya, Kawasaki Ninja H2R. Publik sempat dibuat bertanya-tanya terhadap produk ini, lantaran pada ajang Tokyo Motor Show (TMS), Kawasaki Heavy Industries (KHI) hanya memperlihatkan spesifikasi mesinnya saja.

Kini, publik sudah bisa melihat seperti apa wujud dan spesifikasi Kawasaki Ninja H2R tersebut, karena media-media lokal dan asing sudah banyak yang memajang berita tentangnya. Bahkan, Ninja H2R sudah banyak diberitakan sebelum acara pameran otomotif Intermot yang diadakan di Jerman resmi dibuka. Jika dilihat dari tampilannya, Ninja H2R memiliki kesan yang gahar, agresif dan sadis dengan liukan garis body yang tajam. Otomatis, produk ini menjadi salah satu pusat perhatian pada ajang Intermot tersebut.


Menurut kabar yang beredar, akan ada 2 versi dari produk ini, yaitu versi H2 dan H2R. Versi Ninja H2R sendiri disebut-sebut sebagai versi balap dari Ninja H2. Belum jelas, apakah ada perbedaan mesin yang dipakai antara dua versi ini, ataukah hanya berbeda di desain bodynya saja.

Sebagai motor sport, Kawasaki Ninja H2R memiliki performa yang sangat dahsyat. Dibekali dengan mesin berkapasitas 998 cc 4 silinder segaris dan tambahan Supercharged, motor ini mampu mencapai tenaga maksimum sebesar 296 BHP. Angka ini tidak main-main, karena tenaga mesin yang dipakai motoGP saja masih berada di kisaran 225-235 HP. Hal ini tentu saja membuat Ninja H2R sulit dicari tandingannya. Kawasaki sendiri mengklaim bahwa motor ini mampu melesat hingga kecepatan 200 mph atau 320 km/jam. Kelihatannya, motor ini memang didesain khusus untuk menghasilkan kecepatan layaknya Suzuki Hayabusa.

Kawasaki Ninja H2R sendiri memang lahir dari berbagai rangkaian teknologi yang telah dilahirkan oleh Kawasaki Heavy Industries Group. Proses pengembangannya sendiri melibatkan berbagai divisi yang dimiliki oleh Kawasaki.

Berikut ulasan singkat mengenai Kawasaki Ninja H2R ini, seperti dikutip dari MCN dan iwanbanaran.com:

1. Supercharger
 
Untuk mengembangakan komponen ini, Kawasaki Heavy Industry (KHI) mendapat bantuan dari anak perusahanaannya yang bergerak di bidang Gas turbin dan mesin, yaitu Aerospace Company dan Corporate Technology Division. Supercharger yang didesain langsung oleh KHI ini lah yang akan meningkatkan akselerasi dan tenaga mesin Ninja H2R menjadi lebih ganas. Tanpa supercharger, tenaga maksimum terbaik yang bisa dicapai oleh Superbike konvensional adalah sekitar 215 BHP. Namun, dengan adanya supercharger, tenaga maksimum yang bisa dicapai oleh Ninja H2R meningkat hingga 298 BHP.

2. Rangka Teralis

Agak mengejutkan memang saat produsen motor Jepang menggunakan rangka teralis pada produknya. Namun, itulah yang terjadi pada Ninja H2R. Para insinyur Kawasaki melihat bahwa dibutuhkan suatu rangka yang cukup fleksibel agar mampu menghasilkan kestabilan yang baik saat motor melaju pada kecepatan tinggi. Tujuannya adalah memperoleh kestabilan saat kecepatan tinggi tanpa harus mengorbankan kemampuan cornering.

3. Slippery Operator & Bodywork
Makna yang mendekati istilah di atas mungkin adalah aerodinamika. Dimana sebisa mungkin motor mampu melaju dengan "licin" menembus udara saat kecepatan setinggi mungkin. Dengan tenaga mesin yang besar, tentu saja Kawasaki tidak ingin ada defisit engine output yang dialami Ninja H2R. Karena itu lah, Aerospace Company, sebuah perusahaan yang bekerja di bidang pembuatan pesawat terbang ikut turun tangan dalam pengembangan desain body Ninja H2R. Setiap detil body Ninja H2R dioptimalkan agar mampu membuat udara yang menghantam fairing meningkatkan down force, memaksimalkan sistem pendingin dan aliran udara langsung ke supercharger. Desain body pun dipadu dengan material body dari karbon yang sudah terkenal kuat dan ringan.

4. Sistem Elektronik

Beberapa sistem elektronik yang dimiliki oleh Ninja H2R antara lain traction control KISS, quickshifter, dan steering damper control.

Spesifikasi singkat Kawasaki Ninja H2R: Tipe Mesin : Supercharged liquid-cooled inline-four Kapasitas Mesin : 998cc Tipe Supercharger : Centrifugal, scroll-type Tenaga Maksimum: 296 BHP Tipe Rangka: Trellis, high-tensile steel Ban Depan : 120/600R17 Bridgestone V01 slick Ban Belakang : 190/650R17 Bridgestone V01 slick

Belum ada kabar kapan motor ini akan masuk ke Indonesia. Namun, jika melihat tahun lalu, dimana PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan New Kawasaki Z1000 ke tanah air hanya beberapa bulan setelah peluncurannya di eropa, bisa jadi Ninja H2R bakal masuk ke Indonesia pada tahun ini. Apalagi, diakhir tahun nanti, akan digelar event otomotif roda dua terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta International Motor Show 2014.

Harga Kawasaki Ninja H2R juga belum resmi diumumkan. Tapi ada kabar yang menyebutkan bahwa selisih harga antara versi H2 dan H2R akan berkisar pada USD 30 ribu atau jika dirupiahkan, sekitar Rp 360 jutaan. Wow..

UPDATE! Lihat harga Kawasaki H2 dan H2R DISINI.
Dan berikut video promo Kawasaki Ninja H2R:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar